Cara Mendownload Peta Offline Google Map

Google maps - Cara Mendownload Peta Offline Google Map

Cara Mendownload Peta Offline Google Map Dan Pengunaannya

Cara Mendownload Peta Offline Google Map – Disaat kita akan berpergian di tempat yang memiliki koneksi internet yang sangat lambat. Dan tarik interner seluler yang terbilang mahal atau bahkan tidak memiliki koneksi internet.
Bukan lagi menjadi mimpi buruk bagi para penguna google maps. Karena aplikasi navigasi ini akan tetap dapat bekerja apabila kita tidak terhubung dengan jaringan internet sekalipun.
Hal ini dapat disebabkan karena google maps telah memiliki sebuah fitur untuk dapat mendownload map pada saat offline.
Dan bisa digunakan pada saat luring atau tidak terhubung dengan koneksi internet ( Data Seluler ataupun Wifi ). Dengan begitu penguna dapat mengunakan aplikasi google maps ini walaupun offline.
Kali ini kami akan menjelaskan bagaimana Cara Mendownload Peta Offline Google Map Dan Pengunaannya. Simak terus informasi Berikut ini.

Download Peta Untuk dapat Digunakan Pada Saat Offline

Saat mengunduh peta offline, Penguna dapat menyimpan area tepilih di dalam ruang penyimpanan internal atau di dalam Kartu SD. Dan sebagai informasi, Bila kita mengubah cara penyimpanan peta. Maka kalian harus segera mendownload peta lagi. Berikut Langkah – langkah nya.

  1. Buka aplikasi google map melalui Ponsel ataupun dengan Tablet android.
  2. Pastikan kalian sudah terhubung ke internet dan melakukan login pada google maps.
  3. Kalian bisa menyelusuri tempat pada aplikasi google maps, Misalkan saja Jakarta.
  4. Pada bagian bawah, Kalian bisa Tap nama ataupun alamat tempat tersebut, lalu kalian bisa memilih menu download. Apabila kalian ingin menelusuri tempat seperti restoran, maka kalian bisa tap lainnya lalu pilih Download Peta Offline Setelah itu download.

Menyimpang Peta Offline Di Dalam Kartu SD

Semakin Luas area terpilig yang akan kalian offline kan pada peta nya. Maka akan semakin besar juga kapasitas peta pada saar luring. Dan dengan begitu akan membebankan Ruang pada penyimpanan Internal dan Disarankan kalian untuk menyimpan nya melalui Kartu SD.

Dan sebagai informasi, Bila peta Offline telah di download didalam penyimpanan internal secara default. Dan apabila perangkat mengunakan 6.0 atau versi yang lebih tinggi lagi. Maka kalian dapat menyimpan area tersebut ke dalam kartu SD yang telah di konfigurasikan pada penyimpanan portabel. Berikut ini Langkah – Langkah nya.

  1. Masukan Kartu SD anda pada smartphone atau Tablet android anda.
  2. Buka aplikasi google maps.
  3. Pada bagian kiri atas. Kalian bisa Tap Menu lalu peta Offline.
  4. Setelah itu kalian bisa Tap Setelah yang terdapat di kanan atas.
  5. Pada bagian ” Preferensi Penyimpanan” Kalian bisa Tap lalu pilih Kartu SD.
Pengguna juga dapat menghemat baterai dan kuota dengan menggunakan peta offline, namun tetap dapat menggunakan aplikasi lain dengan data seluler. Caranya, di ponsel atau tablet Android, buka aplikasi Google Maps kemudian tap Menu lalu aktifkan hanya Wi-Fi.
Sebagai catatan, cara ini dapat dilakukan untuk mendapatkan petunjuk arah mengemudi saat offline.

Namun tidak halnya dengan petunjuk arah angkutan umum, bersepeda, atau berjalan kaki. Selain itu, informasi lalu lintas, rute alternatif, atau panduan jalur tidak akan disajikan saat memilih opsi ini.

Menggunakan Peta Offline Google Maps

Setelah men-download suatu area, cara menggunakan aplikasi Google Maps dalam kondisi offline tak berbeda dengan saat kondisi terkoneksi dengan internet.
Pengguna juga akan menjumpai informasi petunjuk arah dan melihat rute, menggunakan navigasi, dan menelusuri lokasi.
Apabila sambungan internet lambat atau tidak ada, maka Google Maps akan menggunakan peta offline untuk memberikan petunjuk arah.
Sebagai catatan, pengguna dapat mendapatkan petunjuk arah mengemudi saat offline. Namun tidak halnya dengan petunjuk arah angkutan umum, bersepeda, atau berjalan kaki.
Dalam petunjuk arah, pengguna tidak akan mendapatkan informasi lalu lintas, rute alternatif, atau panduan jalur. Untuk menghemat data seluler dan masa pakai baterai, disarankan untuk gunakan mode “Wi-Fi saja”.
Pada mode ini, saat tidak terhubung ke Wi-Fi, Google Maps hanya akan menggunakan data dari peta offline yang sudah di-download. Sebelum menggunakan mode tersebut, pastikan telah men-download peta offline.
Untuk mengaktifkan mode ini, buka aplikasi Google Maps lalu Menu kemudian di samping “Hanya Wi-Fi”, alihkan tombolnya ke aktif.
Share:

Author: admin